Hobi Belanja Online, Lo Termasuk Tipe yang Mana?

Money 28 Juni 2022 • 10:53

Editor: admin 1

cover
Source: Shutterstock

Perkembangan e-commerce kian pesat dari tahun ke tahun. Hal ini dibuktikan dengan mulai banyak bermunculan penyedia jasa ecommerce yang berkembang di Indonesia nih guys. Suksesnya perkembangan ini dikarenakan faktor konsumen atau pembeli yang lebih senang berbelanja secara online. Lho, kenapa? Karena harganya lebih murah, nggak ribet, dan adanya gratis ongkos kirim (ongkir).

Lo tau nggak sih, kalo konsumen e-commerce juga dibagi menjadi beberapa tipe lho. Kok gitu? Karena setiap konsumen punya kebutuhan dan kepentingan yang berbeda-beda. Kira-kira Lo termasuk tipe hobi belanja online yang mana ya?

1. Si Fokus Pada Produk

hobi belanja online

Source: memegenerator.net

Tipe konsumen yang paling banyak dan populer adalah pengguna yang lebih fokus terhadap produk yang dijual. Biasanya, konsumen yang fokus pada produk sudah tahu apa yang mereka inginkan. Mereka cenderung menggunakan e-commerce untuk mengecek atau mengidentifikasi keunggulan dan kelebihan produk yang ingin dibeli.

Nggak hanya itu, tipe konsumen ini biasanya sering membandingkan produk dari merek A dengan produk B. dengan tujuan mencari produk yang punya kelebihan paling banyak sehingga meminimalisir kerugian guys. Tipe konsumen ini juga bisa dibilang yang paling sat set sat set!

Maksudnya gimana tuh? Ketika mereka buka aplikasi e-commerce, mereka akan langsung mencari produk yang diinginkan, membaca deskripsi dan gambar produk dengan jelas, dan jika sudah cocok langsung check out atau melakukan pembayaran. Tipe konsumen ini biasanya yang paling loyal guys. 

2. Si Pencari Harga Termurah

hobi belanja online

Source: brilio.net

Tipe konsumen yang kedua juga termasuk cukup banyak di e-commerce. Mengapa? Karena salah satu faktor utama mengapa orang berbelanja melalui e-commerce adalah mereka mencari produk dengan harga termurah.

Konsumen tipe ini cenderung mencari produk yang ada harga diskonan dan tidak terlalu mengutamakan kualitas produknya. Ketika sudah menemukan harga yang paling sesuai, mereka biasanya akan langsung membandingkan dengan harga normal dan menghitung selisih harganya. Nah untuk menarik tipe konsumen ini, penyedia jasa ecommerce harus sering-sering memberi potongan diskon terhadap produk. 

3. Si Pencari Gratis Ongkir

hobi belanja online

Source: hot.liputan6.com

Pernah nggak sih Lo lagi berbelanja tapi tiba-tiba nggak jadi check out karena nggak ada voucher gratis ongkir? Kalo pernah, berarti Lo salah satu tipe konsumen pencari gratis ongkir nih. Tipe konsumen ini biasanya rela mengorbankan waktunya untuk mencari toko di e-commerce yang menawarkan promo gratis ongkir.

Banyak lho di luar sana konsumen tipe ini. Apalagi jika lokasi tempat tinggal mereka cukup jauh dari pusat kota. Nah, dengan adanya promo gratis ongkir ini tentu saja sangat membantu mereka dalam berbelanja pastinya.

Dari ketiga tipe-tipe konsumen e-commerce diatas, kira-kira Lo tipe yang mana nih? Atau malah ketiganya sekaligus guys?
 

Why don't you check this?