Riset: Orang Indonesia Paling Suka Belanja via Live Streaming

Kalcer 09 Oktober 2024 • 17:05

Editor: Lulu Azizah

cover
Freepik

Seperti yang lo tau, selama beberapa tahun terakhir ini fenomena belanja online semakin berkembang pesat. Bahkan, sebuah riset menemukan bahwa brand lokal dan UMKM di Indonesia mulai banyak mempromosikan produknya secara online, salah satunya dengan menggunakan live streaming di e-commerce. 

"Hingga di pertengahan tahun 2024 ini, berbelanja melalui live streaming masih menjadi daya tarik utama, bahkan semakin diminati oleh masyarakat," ucap Executive Director Ipsos Indonesia, Andi Sukma dalam keterangannya, dikutip dari IDN Times.

Menurut Andi, live streaming mampu menjangkau berbagai konsumen dan menjadikan para pemain e-commerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada bersaing menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen, terutama dalam menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi bisnis para brand lokal dan UMKM.

“Akhir tahun 2023 lalu, kami melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual," ucapnya.

Keeppack

Survei tersebut juga menyebutkan bahwa Shopee Live jadi fitur live streaming paling populer di kalangan merek lokal dan UMKM, dengan persentase sebesar 77%. Sementara itu, TikTok Live menempati posisi kedua sebesar 19%, dan sisanya live di platform e-commerce lainnya.

Selain itu, riset juga menyebutkan sekitar 72% merek lokal dan UMKM memilih Shopee Live, kemudian diikuti oleh TikTok Live dengan persentase sebesar 26%, Tokopedia Play dan Lazada Live masing-masing hanya 1%.

Riset yang dilakukan lembaga riset asal Prancis, Ipsos, juga menyebutkan Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM

“Shopee Live unggul karena menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar. Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya," kata Andi. 

Melihat fenomena yang terjadi saat ini, tren belanja via live streaming ini diprediksi akan terus berkembang guys. 

“Tren live streaming ini juga diprediksi akan terus berkembang, dan tentunya dapat menjadi bentuk persaingan yang baru dan semakin menarik untuk menjadi perhatian di antara platform e-commerce di Indonesia," ucapnya. 

Jika melihat perbandingan antara platform e-commerce, lebih dari setengah brand lokal dan UMKM (67%) mengakui bahwa Shopee Live memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka hingga 50%.

Jumlah tersebut melampaui para pesaingnya seperti TikTok Live (25%), Tokopedia Play (4%), dan Lazada Live (4%).

 

Sumber: IDN Times

 

Nikmati "satu aplikasi, beragam hiburan terkini" mulai dari berita, kuis, video, dan artikel rekomendasi terkini eksklusif untuk Gen Z dan Milenial. Tunggu apa lagi? Unduh aplikasi KUY! sekarang di Google Play Store dan App Store.

Why don't you check this?