Wow! Warga Indonesia Habiskan Uang Segini untuk Game di HP

Money 12 Januari 2024 • 16:19

Editor: Lulu Azizah

cover
codashop

MinKuy yakin banget pasti hampir lebih dari setengah populasi warga Indonesia itu pasti doyan main game deh. Baik itu lewat handphone maupun komputer/PC. Saking doyannya, warga Indonesia bahkan rela sampai habiskan uang segini untuk main game lewat smartphone. 

Sepanjang 2023 ini, pasar game mobile di Indonesia tumbuh secara positif, baik dari jumlah download maupun pengeluaran pengguna (consumer spend). Berbeda dengan pasar game secara global, yang justru mengalami penurunan consumer spend 2% dari tahun ke tahun. 

Data.Ai merilis sebuah laporan mengenai State of Mobile 2024. Dlaporan tersebut tercatat bahwa consumer spend untuk game HP di Indonesia itu menyentuh US$ 0,41 miliar atau setara Rp 6,3 triliun sepanjang 2023. Angka ini tumbuh US$ 0,04 miliar dari tahun 2022.

OMG!

Baca juga: Gen Z Harus Tau: Biaya Sekolah Swasta Anak Jaman Now di Jakarta

Sejak 2020, angka consumer spend untuk game HP di Indonesia memang terus mengalami peningkatan secara perlahan. Pada 2020, total consumer spend warga Indonesia berada di angka US$ 0,32 miliar.

Berdasarkan laporan Data.AI, rekor consumer spend tertinggi untuk game HP di Indonesia tercatat pada periode Mei 2023. Bayangin aja guys, warga Indonesia rela mengeluarkan uang US$ 9 juta atau setara Rp 140 miliar dalam satu bulan untuk game di handphone mereka.

Gokil broooooo~ 

 

Lantas, apa game mobile yang bikin orang Indonesia rela habiskan uang? 

techzone

Dari sekian banyak game di HP, game berjudul ‘Rise of Kingdoms’ menjadi game strategi paling banyak meraup pendapatan dari consumer spend sepanjang 2023. 

Dilansir dari CNBC, total consumer spend untuk game Rise of Kingdoms mencapai US$ 51.683.000 atau setara Rp 804 miliar. Angka itu tumbuh 12,7% YoY.

Di urutan kedua ada game 'Mobile Legends: Bang Bang' dengan total consumer spend sebesar US$ 36.543.000 atau setara dengan Rp 568 miliar. Angka ini tumbuh 9% YoY.

Sementara,  di posisi ketiga ada game 'Ragnarok Origin' yang consumer spend-nya di 2023 secara total mencapai US$ 31.927.000 atau sekitar Rp 496 juta. Angka itu naik 7,8% YoY.

Hayooo, siapa nih yang mainin ketiga game di atas? Ngaku deh, udah berapa banyak duit yang kalian habiskan?

Baca juga: 5 Tempat Sewa Lapangan Tenis di Jakarta Selatan Biar Kayak Nagita Slavina

Shutterstock

Laporan Data.AI juga mengungkapkan kalo game-game jaman dulu (lawas) masih menjadi penyokong pendapatan di pasar game mobile Indonesia sepanjang 2023.

Sementara itu, game-game lawas yang masih banyak meraup consumer spend adalah 'Mobile Legends: Bang-Bang', 'Free Fire', 'Roblox', 'EA Sports FC Mobile 24 Soccer', serta 'Higgs Domino Island'.

Sedangkan, game yang masih relatif baru cenderung lebih stabil dalam berkontribusi terhadap consumer spend pasar game mobile Indonesia. 

Game-game baru yang kontribusinya paling besar pada consumer spend adalah 'Ragnarok Origin', 'Honkai', 'Seal M', 'Undawn', dan 'Metal Slug: Awakening'.


 

Nikmati "satu aplikasi, beragam hiburan terkini" mulai dari berita, kuis, video, dan artikel rekomendasi terkini eksklusif untuk Gen Z dan Milenial. Tunggu apa lagi? Unduh aplikasi KUY! sekarang di Google Play Store dan App Store.
 

Why don't you check this?