Google Kini Ditinggal, Gen-Z Pilih Cari Informasi di Medsos

Sci & Tech 30 November 2023 • 16:09

Editor: Lulu Azizah

cover
Istimewa

Siapa nih yang sering banget ngomong “cari aja di google!” atau “tanya aja sama mbah Google”. Ngaku aja deh, lo pasti pernah kan ngomong gitu? Well, saran lo itu kayaknya udah enggak berlaku lagi nih saat ini. Sebab, banyak Gen Z yang lebih memilih mencari informasi di media sosial dibandingkan di Google. 

Dilansir dari Reuters, sebuah laporan dari Pew Research Center mengungkapkan kalo setengah penduduk Amerika Serikat (AS) yang berusia dewasa mendapatkan berita dari media sosial. Meski belum mendominasi, tapi jumlah penggunaanya terus bertambah banyak.

Dari 8.842 penduduk, sebanyak 67% menggunakan website atau aplikasi media berita untuk mencari informasi. Sementara untuk media sosial, Facebook digunakan 30%, YouTube oleh 26%, Instagram 16%, dan TikTok 14%.

Saat ini, media sosial TikTok disebut dominan sebagai sumber berita. Sebanyak 43% pengguna TikTok yang mengikuti survei mengaku rutin mencari informasi dan berita dari platform milik perusahaan ByteDance tersebut. 

Angka tersebut naik dua kali lipat dari survei yang sama pada tahun lalu. Di tahun 2022, sebanyak 22% pengguna TikTok menggunakan aplikasi tersebut sebagai sumber untuk mencari informasi. 

Morning Consult sebuah perusahaan intelegence juga pernah mengungkapkan kalo Gen Z cenderung mencari berita lewat media sosial. Laporan tersebut mengatakan terdapat pertumbuhan yang signifikan TikTok, meski jumlahnya belum sebanyak Google.

Dari laporan tersebut disebutkan kalo sekitar 14% Gen Z mencari informasi dari TikTok hingga periode Februari 2023. Sedangkan, 39% anak muda menggunakan Google.  

Beda ceritanya nih dengan generasi pendahulu Gen Z.  Hampir rata-rata Generasi baby boomers, Gen X, dan Milenial masih menjadikan Google sebagai platform untuk mencari segala informasi. 

Melihat fenomena yang terjadi, Google udah mengetahui ancaman TikTok yang bisa menggantikan posisinya sebagai sumber informasi. 

Sebuah riset internal mengungkapkan kalo 40% Gen Z mencari informasi dari TikTok untuk produk skincare, rekomendasi tempat nongkrong, rencana liburan, hingga makanan. 

Bahkan, setengah partisipan penelitian lebih banyak menggunakan TikTok dan Instagram dibandingkan produk Google Search maupun Maps. 


 

Nikmati "satu aplikasi, beragam hiburan terkini" mulai dari berita, kuis, video, dan artikel rekomendasi terkini eksklusif untuk Gen Z dan Milenial. Tunggu apa lagi? Unduh aplikasi KUY! sekarang di Google Play Store dan App Store.

Why don't you check this?